Selasa, 12 Agustus 2008

KESIALAN DARI LUAR KITA (draft)

Pagi itu aku nonton Silet : kisah seputar selebriti yang ditayangkan salah satu channel MNC dari TV Kabel Indovision. Kebetulan sedang membahas sebuah subject mengenai tertangkapnya salah satu selebiritis muda indonesia "Shella Marcia" (SM)

digambarkan dalam ilustrasi bagaimana jalannya operasi penggrebekan sampai dengan tertangkapnya SM yang sedang berpesta bersama teman-temannya. Ada alibi bahwa SM bukan pemakai, tapi kebetulan memang sedang bersama teman-temannya.

Terbayang juga berita yang dulu menghebohkan jagad selebiritis mengenai tertangkapnya Roy Marten yang juga sedang bersama teman-temannya disebuah kamar hotel.

Apakah mereka benar pemakai, atau sedang berkumpul dan kebetulan salah satu dari teman-temannya memakai dan kebetulan juga digrebek. wallahu alam...

Yang menjadi concern saya adalah, ternyata ada hal-hal yang diluar sana yang tidak dapat kita kontrol dan kendalikan dalam hidup ini.

Kakak saya sudah mengemudikan mobilnya dengan sangat hati-hati, berhenti tepat diperempatan sebelum lampu kuning berganti menjadi merah, mengutamakan pejalan kaki dan motor tapi masih juga disruduk sama taksi sewaktu berhenti di lampu merah pulang kantor. alasan sopir taksinya adalah remnya blong...

misalnya Anda mau pulang ke rumah, teman ikut numpang karena kebetulan katanya satu arah, tapi dia minta mampir ke salah satu bank karena harus mengambil uang, Anda menunggu di parkiran, tidak lama kemudian teman datang kembali dan meminta saya segera berangkat. besoknya dikoran saya baca ada perampokan di bank yang kemarin saya singgahi di jam yang sama seperti saya mampir kemarin, dan ditulis bahwa perampok terdiri dari 2 orang, yang satu nunggu di mobil jenis mobil dan warnanya sudah diketahui namun nomor polisi tidak ada yang mencatat, dan dikoran tersebut terpampang foto tampang perampok yang sedang dicari dari cctv yang juga mirip dengan sosok teman Anda itu... apa yang akan Anda lakukan.

atau ditengah jalan Anda tiba-tiba digrebek polisi yang menodongkan pistol menangkap Anda, sebelum Anda tahu apa yang terjadi. Info dari polisi bahwa anda adalah salah satu anggota perampok, dan perampoknya adalah teman anda.

Atau saya bayangkan kebetulan saya diundang kumpul-kumpul sama teman-teman lama, tiba tiba rumah teman saya tersebut digrebek dan ada teman yang tertangkap tangan membawa sabu-sabu. apa yang akan anda lakukan?

Hal-hal itu mungkin yang saya sebut dengan (maaf) Kesialan dari luar Kita, kesialan yang menimpa kita dari luar tanpa kita dapat mengelak, atau bisa disebut takdir.

Pertanyaannya adalah bagaimana agar tidak tertimpa kesialan dari luar kita tersebut

saya teringat pelajaran agama bahwa ada 2 macam nasib yang kita jalani
Qodho dan Qodar

qodar adalah yang bisa kita rubah, misalnya kemiskinan bisa dirubah jika kita rajin bekerja, giat belajar, tekun, kerjakeras, dlsb

Qodho tidak bisa dirubah karena memang sudah suratan dari yang diatas misalnya sedang berjalan terserempet becak, meninggal diusia 45, kejatuhan kotoran burung, dlsb

Mungkin melihat hal tersebut saya lebih fokus pada yang bisa kita rubah, mungkin dan mudah-mudahan dengan fokus pada yang bisa kita rubah dan melakukan semua hal baik akan berpengaruh pada qodho tersebut

apabila berfokus pada hal-hal positif, semua akan menjadi positif.

sehingga jika kita berjalan ditrotoar, dibawah canopi, mudah-mudahan tidak terserempet becak dan tidak kejatuhan kotoran burung, atau jika rajin olah raga dan hidup sehat mudah-mudahan bisa hidup sampai umur 80, bukan hanya sampai umur 45.

Tapi apakah itu menjamin....tidak, tapi yang paling penting adalah bahwa kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh kebaikan.

How about You ?

Tidak ada komentar: