Minggu, 31 Mei 2009

DEMI IRIT 30% NGANTRI SEJAM (draft)

Busyeeet.... masih 30 orang lagi, guman dalam hati ketika menghitung kira-kira berapa panjang dan lama lagi kalau saya masuk ke barisan antrian kasir.

Kebetulan hari itu, hari Minggu, 31 Mei 2009, waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 WIB - merupakan hari terakhir dari 7 hari program diskon 30% toko buku Gramedia Grand Indonesia, sebuah toko buku yang diklaim merupakan toko buku termewah dan terbaik di Indonesia yang dibuka di mall yang terbaik dan termewah pula.

(deskripsi gramedia & grand indonesia)

Saya paksakan diri- meski dalam kondisi pemulihan akibat sakit tenggorokan selama 2 hari sebelumnya - dengan ditemani oleh istri dan untuk menemani istri meluncur menuju ke toko buku. Dikatakan menemani istri, karena kebetulan hari itu istri ada janjian dengan team kantornya untuk perpisahan/farewell party - yang mulai 1 juni sudah pindah ke Marketing dari Call Center, dikatakan ditemani istri pingin menemani saya - takut kalo jalan-jalan sendiri di mall banyak yang bening dan wanita dengan pakaian kekurangan bahan.

(deskripsi suasana makan team)

Dengan jumlah antrian yang rata-rata 30 orang, maka jika dihitung jika 1 orang dilayani oleh kasir selama 2menit maka akan memakan waktu 1 jam. berdasarkan hitungan tersebut tadinya saya hanya pingin jalan-jalan, beli beberapa buku, setelah dihitung jika beli dengan seharga 100 ribu maka diskon 30% irit 30 ribu, dari pada sudah nganti 1 jam cuma untung 30 ribu mending belanja 1 juta, untungnya jadi 300 ribu. Akhirnya saya putuskan untuk membeli buku-buku yang sudah saya incar sejak lama, baik karena isinya yang cukup berbobot maupun karena taglinenya yang menarik atau hanya karena sampulnya yang cukup eyecatching.
(deskripsi pencarian buku + antrian panjang + keuntungan rupiah + keuntungan non rupiah)

(sudut pandang untung vs rugi
apakah buku dibutuhkan
antri 1 jam menghemat 300 ribu
tapi harus keluar uang 700 ribu
padahal modal gramedia hanya 20-30% dengan untung 70%, jadi siapa yang untung?

buku masih banyak belum dibaca
tadinya tidak ingin membeli jadi membeli

kata TDW value lebih besar dari nilai nominal harga
pada akhirnya saya mencari pembenaran kalau yang dilakukan adalah tetap untung
How about you?

Tidak ada komentar: